Penyakit Stroke

Penyakit Stroke merupakan gangguan fungsi saraf yang terjadi secara tiba-tiba akibat terganggu atau berkurangnya pasokan darah dan oksigen ke otak, sehingga menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang dapat merusak atau mematikan sel-sel saraf di otak. Gangguan ini pada akhirnya dapat menyebabkan kelumpuhan anggota gerak, gangguan bicara, penurunan kesadaran, dan lain-lain.

Jenis penyakit stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Stroke hemorrhagic
Pada stroke hemorrhagic, pembuluh darah yang pecah dan mengakibatkan menghambatnya aliran darah yang normal dan darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya. Hampir 70 persen kasus stroke hemorrhagic terjadi pada penderita hipertensi.

2. Stroke iskemik
Pada stroke iskemik ini aliran darah ke otak terhenti akibat dari penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah (atherosclerosis) atau menyumbatnya pembuluh darah ke otak karena pembekuan darah. Penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur pembuluh darah arteri yang menuju ke otak. Darah ke otak disuplai oleh dua arteria karotis internal dan dua arteri vertebralis. Arteri-arteri ini merupakan cabang dari lengkung aorta jantung (arcus aorta). Hampir sebagian besar pasien atau sebesar 83% mengalami penyakit stroke jenis iskemik. » Penyakit Stroke
Related Tags: